Senin, 14 April 2008

IPA

A. Makanan
Zat makanan yg diperlukan oleh mahluk hidup adalah karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral. Zat yg paling diperlukan adalah protein, karena protein berfungsi untuk pembangunan tubuh.

B. Air
Air merupakan medium paling baik untuk proses" kimia dalam tubuh. Proses kimia tersebut akan menghasilkan energi. Energi tersebut berguna untuk membentuk sel" baru.

C. Aktifitas Tubuh
Aktifitas tubuh dapat mempengaruhi pertumbuhan apabila dilakukan dalam jangka waktu yang lama . Hal ini dapat dilihat pada pertumbuhan otot binaragawan yg secara rutin dan dalam waktu panjang dibiasakan dengan aktifitas fisik.

D. Cahaya Matahari
Peranan cahaya matahari pada pertumbuhan adalah dalam proses pembentukan tulang, karena vitamin d pada cahaya matahari berguna untuk pembentukan tulang.

2. Faktor Dalam (Intern)
A. Genetis
Banyak yg berpendapat bahwa gen merupakan penentu semua struktur dan fungsi yg berkaitan dengan ciri" hewan dan manusia. Ciri tersebut antara lain bentuk tubuh, warna kulit, dan warna rambut.

B. Hormon
Hormon pertama kali ditemukan oleh wiliam Baylis dan Ernest Starling pada tahun 1902. ada beberapa hormon yg bekerja pada jaringan tertentu, ada juga yg diseluruh tubuh.

Tidak ada komentar: